Image of SKRIPSI : Hubungan status gizi terhadap terjadinya amenore sekunder pada siswi kelas XII Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar

Multimedia

SKRIPSI : Hubungan status gizi terhadap terjadinya amenore sekunder pada siswi kelas XII Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar



Latar Belakang : Status Gizi adalah keadaan tubuh yang merupakan hasil akhir dari keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan penggunaannya. Status gizi yang baik atau buruk sangat mempengaruhi kualitas hidup seperti kesehatan, pertumbuhan, perkembangan, dan hormonal seseorang. Menstruasi adalah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus, disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Penelitian lain menemukan beberapa gangguan pada siklus menstruasi berupa kejadian dismenorea dengan prevalensi (89,5%)
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara status gizi terhadap terjadinya Amenore Sekunder pada siswi kelas XII di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Makassar.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study. Dan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan responden yang amenore sekunder dengan status gizi normal sebanyak 10,2% dan responden yang tidak Amenore Sekunder dengan status gizi normal sebanyak 89,8%. Sedangkan yang Amenore Sekunder dengan status gizi obesitas sebanyak 25,0% dan yang tidak amenore sekunder dengan status gizi obesitas yaitu sebanyak 75,0%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji alternatif Fisher’s Exact Test didapatkan p-value 0,113 lebih besar dari α (0,05). Dengan Odds Ratio 2,926 artinya status gizi siswi berdasarkan IMT yang tidak sesuai kemungkinan 2,926 kali beresiko dibandingkan dengan siswi yang memiliki status gizi normal.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan Amenore Sekunder. Namun, untuk siswi dengan status gizi obesitas memilki resiko 2,926 kali lipat mengalami amenore sekunder dibandingkan dengan siswi yang memiliki status gizi normal.
Kata kunci : Status gizi, amenore sekunder


Ketersediaan

KED10542039012SKR-K16 LIN hFK Library (Skripsi/CD KTI)Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
610.2 LIN h
Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar : Kedokteran UNISMUH Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini