Image of Skripsi : Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Kejadian Demam Tifoid Pada Pasien Anak Umur 5-15 Tahun Di Rumah Sakit Umum Haji Makassar Dan Rumah Sakit Syech Yusuf Kab. Gowa Pada Bulan November Tahun 2013

Text

Skripsi : Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Kejadian Demam Tifoid Pada Pasien Anak Umur 5-15 Tahun Di Rumah Sakit Umum Haji Makassar Dan Rumah Sakit Syech Yusuf Kab. Gowa Pada Bulan November Tahun 2013



LATAR BELAKANG : Penyakit demam tifoid merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, yaitu Salmonella enteric, khususnya turunannya yaitu Salmonella typhi terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Penyakit ini dapat ditemukan di seluruh dunia dan disebarkan melalui makanan dan minuman yang telah tercemar oleh tinja. Pada tahun 2007 tercatat jumlah penderita sebanyak 16.552 dengan kematian sebanyak 5 orang dengan sebaran kasus tertinggi di Kabupaten Gowa, Kabupaten Enrekang dan Kota Makassar.
TUJUAN : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kejadian demam tifoid pada anak umur 5-15 tahun di Rumah Sakit Haji Makassar dan Rumah Sakit Syech Yusuf Kabupaten Gowa .
METODE : Penelitian ini menggunakan desain case control. Sampel yang diperoleh sebanyak 60 sampel, 30 sampel case dan 30 sampel control yang didapatkan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner kemudian dianalisis dengan uji chi-square.
HASIL : Hasil penelitian kebiasaan cuci tangan, kebiasaan jajan diluar tidak ada hubungan dengan kejadian demam tifoid sedangkan penggunaan alat makan, penyajian makanan, dan penggunaan sumber air berpengaruh terhadap kejadian demam tifoid. Dengan masing-masing nilai p sebagai berikut: p = 1,000 (p > 0,05), p = 0,301 (p > 0,05), p = 0,020 (p < 0,05), p = 0,012 (p < 0,05), p = 0,004).
KESIMPULAN : Meskipun dari hasil penelitian kebiasaan cuci tangan, kebiasaan jajan diluar tidak memiliki hubungan dengan kejadian demam tifoid, tetapi penggunaan alat makan, penyajian makanan, dan penggunaan sumber air memiliki hubungan dengan kejadian demam tifoid.
Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Kejadian Demam Tifoid.


Ketersediaan

10542 0205 10SKR-K14FK Library (R 41-45)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
610.6 AND h
Penerbit Kedokteran unismuh Makassar : FK UNISMUH Makassar.,
Deskripsi Fisik
129 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610.6
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini